Tingkatkan Kualitas SDM, Kombel Bergerak Maju Bersama Spentiwa Berbagi Praktik Baik

Gresik - Upaya meningkatkan kualitas SDM pendidik dan tenaga kependidikan di UPT SMP Negeri 32 Gresik terus dilakukan, salah satunya melalui Berbagi Praktik Baik dalam Kelompok Belajar (Kombel) Bergerak Maju Bersama Spentiwa yang digelar Jumat siang (04/10/2024). 


Acara ini bertujuan untuk memperkuat kolaborasi di antara para guru dan staf, sekaligus membuka ruang untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, serta solusi terhadap berbagai tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Bertempat di perpustakaan sekolah, acara ini dihadiri oleh seluruh guru dan staf yang antusias untuk saling berbagi.


Dalam sesi diskusi, tiga guru mempresentasikan praktik terbaik mereka menggunakan metode star yaitu Situasi, Tantangan, Aksi dan Refleksi, seperti yang disampaikan Rifaus Ismawadi. Guru Pendidikan Pancasila ini menyampaikan praktik baiknya meningkatkan semangat belajar peserta didik melalui model pembelajaran PjBL dengan produk infografis manual dan digital.






Praktik baik selanjutnya disampaikan Misbahul Khoir, S.Pd. Wakil Kepala Urusan Kurikulum menyampaikan materi terkait dengan bidang studi matematika.

"Saya ini jadi guru puluhan tahun belum pernah membuat praktik baik," ungkap jujur Pak Khoir disambut tawa seisi ruangan perpustakaan.

Meskipun begitu, ia kemudian menjelaskan beberapa pendekatan kreatif yang berhasil ia terapkan di kelas, termasuk penggunaan permainan edukatif dan teknologi untuk membuat pembelajaran matematika lebih menarik.





Sementara itu, Misbahul Muhib, S.Pd., M.Pd. yang juga guru Bahasa Inggris ini dalam slidenya memaparkan praktik baiknya melafalkan huruf atau abjad Bahasa Inggris dan mengeja nama atau kata dalam Bahasa Inggris. 






Di akhir kegiatan Berbagi Praktik Baik, Kepala UPT SMP Negeri 32 Gresik, Ahmad Hanif Hasan, S.Pd., M.Pd., dalam refleksinya menyampaikan pentingnya kolaborasi antar pendidik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di UPT SMP Negeri 32 Gresik. 

“Kegiatan ini bukan hanya sebagai ajang berbagi, tetapi juga sebagai wadah untuk saling mendukung dan memotivasi satu sama lain,” ujarnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama