Batik Sentono, Batik Khas UPT SMP Negeri 32 Gresik Dikenalkan di Forum PKK Sidayu


Gresik - Pasca dilaunching oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, S. Hariyanto beberapa hari lalu, Batik Khas UPT SMP Negeri 32 Gresik (Batik Sentono) mulai dikenalkan ke masyarakat luas. Salah satunya dikenalkan dalam acara Serah Terima Jabatan Ketua Tim Penggerak PKK desa Golokan, Ngawen, dan Racitengah yang diselenggarakan di Kantor Kecamatan Sidayu, Selasa (07/06/2022).


Dalam acara yang dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK kecamatan Sidayu, UPT SMP Negeri 32 Gresik mendelegasikan 2 orang guru, Kholishotul Mardhotillah dan Indah Rohmah untuk memperkenalkan Batik Sentono.



Baca juga >> Launching Batik Sentono, Kadispendik Gresik Apresiasi UPT SMP Negeri 32 Gresik


"Ada tiga batik yang kami produksi, masing-masing Batik Sentono Lanangan, Batik Sentono Wedokan, dan Batik Kewan Sentono," terang Indah sambil membentangkan kain batik Sentono Wedokan. 


Tiga motif Batik Sentono ini diambil dari relief yang ada di situs Lasem, situs yang terletak di Desa Lasem Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur. Situs Lasem diketahui berawal dari penemuan batu prasasti tertulis tahun ke-555 M. (*Rfs)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama