Berpakaian Adat di Hardiknas, Shoffan Al Qusyairy Bacakan Sambutan “Merdeka Belajar” Mendikbudristek


 

Gresik - UPT SMP Negeri 32 Gresik menyelenggarakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman sekolah setempat, Jum'at pagi (13/05/2022).


Mengusung tema Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar, Shoffan Al Qusyairy selaku kepala sekolah bertindak sebagai pembina upacara mengenakan pakaian adat Jawa. 


Shoffan, panggilan akrab Shoffan Al Qusyairy mengatakan, upacara Hardiknas ini dilaksanakan tanggal 13 Mei 2022 karena menyesuaikan hari libur dan cuti bersama Idulfitri 1443 Hijriyah. 


Dalam kesempatan tersebut, Shoffan membacakan sambutan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim melalui ponsel pintarnya. Dikatakan Shoffan, bahwa di tengah hantaman ombak yang sangat besar, kita terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar, yang di tahun ketiga ini telah mengarungi pulau-pulau di seluruh Indonesia.


"Kurikulum Merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140 ribu satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan," ungkapnya.


Shoffan juga mengungkapkan bahwa anak-anak tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena Asesmen Nasional yang sekarang digunakan tidak bertujuan untuk "menghukum" guru atau murid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar; supaya kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan.


Lanjut Shoffan, langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju kita sudah semakin cepat. Namun, kita belum sampai di garis akhir. Maka, tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak. 


"Ke depan, masih akan ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar, serta rintangan yang jauh lebih tinggi. Dan kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk Merdeka Belajar," pungkasnya.


Usai upacara Hardiknas, seluruh siswa dan guru beserta staf tata usaha berselfi ria, kemudian mereka berbaris rapi dan berkeliling di jalanan desa Lasem sekadar menyapa warga setempat. (*Rifaus)


Sumber : https://jurnalpost.com/berpakaian-adat-di-hardiknas-shoffan-al-qusyairy-bacakan-sambutan-merdeka-belajar-mendikbudristek/33181/ 

Post a Comment

أحدث أقدم