Angkat Kearifan Lokal Situs Lasem, UPT SMP Negeri 32 Gresik Gelar Pelatihan Membatik


 


Gresik - Salah satu karakteristik kurikulum prototipe adalah menerapkan pembelajaran berbasis proyek. Dalam kurikulum prototipe, sekolah diberikan keleluasaan dan kemerdekaan memberikan proyek-proyek pembelajaran yang relevan dan dekat dengan lingkungan sekolah.  


Termasuk Sekolah Penggerak yang sudah menerapkan pembelajaran berbasis proyek yaitu UPT SMP Negeri 32 Gresik. Bertempat di ruang kelas 7C, puluhan siswa sekolah tersebut mengikuti pelatihan membatik, Kamis (12/05/2022).


Pelatihan ini menghadirkan 2 narasumber, Inda Nur Hidayah yang juga Ketua MGMP Seni Budaya Kabupaten Gresik dan Sugianto.


Ketua pelaksana P5, Zuliana Ekowati mengatakan, kegiatan membatik ini bertujuan untuk mengangkat kearifan lokal sebagai batik khas desa Lasem melalui situs yang ada di desa tersebut.


"Dengan mengacu kepada dimensi profil pelajar pancasila dan mengangkat tema kewirusahaan, topik kembangkan batik sebagai bekal usaha masa depan bertujuan untuk menciptakan produk yang menjawab kebutuhan tertentu dalam lingkup terdekat atau produk yang berciri khas daerah," ujarnya.


Di sela-sela pendampingan, Sugianto bercerita, berawal sering mengantarkan istrinya pelatihan ke Yogyakarta dan tempat lain, akhirnya bisa membatik. Katanya, dalam membatik diperlukan kesabaran dan ketelitian. Hal inilah yang mengantarkan kesuksesannya memproduksi batik dan bisa mengisi pelatihan membatik.


"Sebenarnya, lebih sering produksi sendiri di rumah dibandingkan dengan mengisi pelatihan. Kalau pesanan, kemarin dari kepala sekolah di Gresik utara. Pernah dari Puskesmas, Kecamatan juga," tuturnya.


Dalam pelatihan ini, Sugianto mengapresiasi karya salah satu peserta pelatihan, Novia Nur Azarah.  "Hasil batik anak ini sudah bagus dari sisi gambar dan pewarnaannya," ungkap pria asli Sekapuk Ujungpangkah ini.


Sementara itu, Novia mengaku baru kali pertama mengikuti pelatihan membatik. "Baru kali ini ikut pelatihan, semoga nanti punya usaha batik," ucapnya sambil tersenyum. (*Rfs)


Sumber : https://jurnalpost.com/angkat-kearifan-lokal-situs-lasem-upt-smp-negeri-32-gresik-gelar-pelatihan-membatik/33144/

Post a Comment

أحدث أقدم