Aksi Nyata P5, Siswa UPT SMP Negeri 32 Gresik Keliling Kampung Lasem Sidayu Ajak Warga Peduli Lingkungan

Gresik, Jurnalpost.com – Ratusan siswa UPT SMP Negeri 32 Gresik melakukan aksi nyata mengelilingi kampung dengan menyapa warga di desa Lasem Sidayu, Senin (28/03). Mereka membawa berbagai macam poster ajakan kepada warga setempat agar peduli lingkungan. 






Aksi nyata ini merupakan salah satu kegiatan kokurikuler berupa Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan bagian dari Program Sekolah Penggerak. Aksi kali ini, mengusung muatan kearifan lokal yang bertemakan pelestarian alam dengan mengambil judul, “Kembalikan Bukit Kapurku”.


“Kita tidak bermaksud untuk memojokkan seseorang, tapi kita menggugah kesadaran diri kita masing-masing dan kesadaran orang di sekitar kita tentang peduli lingkungan,” kata Ketua P5 Misbahul Muhib pada saat memberikan pengarahan sebelum aksi nyata berlangsung.


Diungkapkan Muhib, dalam aksi ini pihaknya mengajak seluruh siswa, guru dan staf berkeliling kampung di desa Lasem dengan alokasi waktu 4 jam kampanye, terdiri dari 2 jam aksi nyata dan 2 jam refleksi. 


“Kegiatan proyek tidak hanya berhenti di kelas 7. Kelas 8 nanti juga ada proyek, karena Kurikulum Merdeka itu satu tahun pelajaran ada minimal 3 proyek atau tema yang diambil. Disamping intrakurikuler (menerima materi pelajaran.red), juga melakukan kegiatan kokurikuler berupa P5 salah satunya pada pagi hari ini kita sudah di tahap aksi nyata,” ungkap guru Bahasa Inggris ini.


“Kegiatan ini akan ada rapor tersendiri, nanti bisa dibaca,” tandasnya.


Dijadwalkan aksi nyata ini akan berlangsung selama dua hari, Senin dan Selasa. Untuk Selasa besok, siswa akan kembali melakukan aksi nyata di galian C bukit kapur yang lokasinya tidak jauh dari sekolah dengan program menanam pohon dan mengisi kolam di galian C dengan ikan. (Rfs/Biro Gresik)


Sumber : https://jurnalpost.com/aksi-nyata-p5-siswa-upt-smp-negeri-32-gresik-keliling-kampung-lasem-sidayu-ajak-warga-peduli-lingkungan/32116/

Post a Comment

أحدث أقدم