Belajar di Luar Kelas, Upaya UPT SMPN 32 Gresik Tumbuhkan Profil Pelajar Pancasila

 

Gresik – Guna pengenalan lingkungan sekitar dalam rangka Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di UPT SMP Negeri 32 Gresik, sekolah menyelenggarakan pembelajaran di luar kelas, tepatnya di sebelah utara desa Lasem, Sidayu pada Kamis pagi (27/01/2022). 


Dengan didampingi urusan kesiswaan, pembina OSIS, dan 3 guru pendamping, siswa kelas 7 tampak antusias mengikuti kegiatan. Mereka menuju lokasi, setibanya di sana mengerjakan tugas yang telah diberikan per kelompok, mulai dari mencatat, memotret, hingga merekam kegiatan di lingkungan sekitar. Di akhir kegiatan, mereka diharuskan membuat laporan kegiatan.


Urusan Kesiswaan, Misbahul Muhib mengungkapkan kegiatan pembelajaran itu dilakukan untuk mengenalkan peserta didik pada lingkungan sekitar dan menumbuhkan minat peserta didik pada literasi. 


“Apakah terjadi permasalahan pada lingkungan? Kita arahkan pada konvervasi lingkungan alam dalam rangka pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila kita mengambil kearifan lokal, konservasi alam lindungi lingkungan,” ujarnya.


Menurut Muhib, dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan mampu mendorong anak-anak agar lebih mencintai lingkungan dan sadar akan kelestarian alam yang nantinya juga untuk kehidupan mereka di masa depan.


Kegiatan pembelajaran seperti ini akan terus dilanjutkan, kata Muhib, hari ini merupakan kegiatan taraf pengenalan untuk peserta didik, dan akan ada tindak lanjut. Tindak lanjutnya, mengajak siswa tempat hasil konservasi yang telah dimanfaatkan sebagai wahana wisata sehingga bermanfaat untuk masyarakat sekitar.


“Insya Allah akan dilanjutkan, jadi ini taraf pengenalan, nanti anak-anak akan kita bawa ke Wisata Alam Gosari (Wagos), yang memang awalnya keadaan seperti ini, kemudian oleh masyarakat sekitar diadakan konservasi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai wahana wisata sehingga bermanfaat untuk masyarakat sekitarnya,” pungkasnya.


Sementara itu, siswa kelas 7A, Muhammad Irfat Ibrahim mengungkapkan dirinya senang dengan adanya pembelajaran di luar kelas, karena selama ini pembelajaran lebih banyak di dalam kelas yang membuat dirinya jenuh dan membosankan.


“Saya senang belajar seperti ini (di luar kelas.red), kalau di dalam kelas membosankan,” kata siswa dari Kertosono ini. 


Hal senada juga diungkapkan Nurul Laily Idhiyah, siswa dari Sambogunung Dukun ini juga merasa senang dengan pembelajaran model seperti ini. Dia berharap sekolah dapat menyelenggarakan kegiatan serupa di hari berikutnya. (*Rifaus/Kabiro Gresik).


Sumber : https://infodapodik.blogspot.com/2022/01/belajar-di-luar-kelas-upaya-upt-smpn-32.html 

Berita ini juga tayang di https://jurnalpost.com/belajar-di-luar-kelas-upaya-upt-smpn-32-gresik-tumbuhkan-profil-pelajar-pancasila/30347/

Post a Comment

أحدث أقدم