Tips Cara Jitu Menghadapi Ujian Nasional

Dear pembaca blog infodapodik, khususnya calon peserta Ujian Nasional, untuk menghadapi Ujian Nasional perlu dipersiapkan hal-hal berikut ini.
 
1. Persiapkan Mental
Maksudnya kita harus yakin dan optimis 100% bahwa kita bisa, kita mampu. Karena setelah saya mencari kesana kemari, jika kita sudah mengatakan “tidak bisa”, “susah” atau sejenisnya maka secara tidak sadar kita telah berkomunikasi dengan otak kita. Kita telah memerintahkan otak untuk tidak mengerti atau menuruti kehendak negatif kita.

2. Ikhtiar dan Maju
 Maksudnya kita harus berusaha dan terus berusaha, tidak terhenti di titik keritis seperti hadirnya sang “malas”. Kita tidak boleh menunda untuk belajar atau menunda untuk mengerti karena menunda sama artinya dengan “gagal”, dan ikhtiar di sini maksudnya adalah kita mencari sebisa mungkin berita-berita seputar tes tersebut. Lalu setelah mendapatkan informasi kita tidak boleh menunda untuk memulai belajar (start actions).

3. Olahraga dan Makan
“huh, apa maksudnya?” mungkin yang satu sering saya jumpai bagi diri saya maupun teman-teman saya. Tanpa adanya kesehatan atau tubuh yang fit bagaimanapun juga kita pasti tidak akan bisa belajar dengan penuh konsentrasi dan efesiensi tinggi. Karena dengan olahraga dan makan yang teratur kita bisa hidup sehat dan belajar dengan maksimum.

4. Tinggalkan Hal-hal yangTidak Berguna
Maksudnya kita harus mulai menambah porsi belajar kita dengan mengurangi hal-hal yang tdak perlu seperti menontin TV, Game, bahkan Pacaran.

5. Orang Tua dan Kerabat
Jika kita ingin benar-benar lulus, dekatilah orang tua kita mintalah kepada mereka restu dan doa dalam menghadapi tes-tes yang akan kita hadapi, karena doa orang tua terhadap anak itu benar2 ajaib, canggih, dan super. Untuk kerabat, sudah saatnya kita mendekati “mereka” yang sudah rajin, karena jelek-jeleknya kita akan tertular kebiasaan positif mereka.

6. Sikap
Ya! yang dimaksud sikap di sini adalah sikap kita, apakah kita serius atau tidak? yang terpenting dari semua tips ini kita melakukan semuanya secara berkala dan konsisten. Dengan cara seperti ini, kita sudah melangkah membangun mental juara kita.

7. Doa dan Tuhan
Sekeras apapun usaha kita jika tuhan tidak menghendaki, kita tidak akan pernah bisa. Jadi mulai saat ini marilah kita pebanyak doa dan ibadah kepada Tuhan kita, memohon agar kita diberi kemudahan dan kelancaran. Memohon agar kita senantiasa diberi kesehatan. Itu adalah 7 tips jitu dalam menghadapi Tes UN, SNMPTN, jika kita yakin kita pasti bisa,

Tidak jauh berbeda dengan tulisan di atas, seorang Psikolog, Ayu Windiyaningrum, M.Psi. 
berbagi tips belajar efektif persiapan UN tahun ini, sebagai berikut. 

1.   Ciptakan Suasana 
      Nyaman dan Kondusif Dalam Belajar
Setiap orang memiliki cara dan kesukaan yang berbeda dalam belajar. Misalnya dengan mendengarkan musik atau lagu yang sesuai dengan mood untuk membangkitkan semangat belajar.

Perpustakaan atau taman dapat menjadi alternatif pilihan tempat belajar yang lebih bervariasi sehingga tidak mudah bosan. Belajar dan berdiskusi bersama teman juga dapat membantu untuk lebih memahami materi pelajaran.

2.   Belajar di Waktu Santai
Serius tapi santai! Belajar serius dengan situasi yang santai dan nyaman tentu akan dapat mengoptimalkan hasil belajar. Belajar juga akan sangat menyenangkan bila dalam kondisi tubuh yang bugar. Bangun pagi dengan udara yang masih segar, sehingga pelajaran akan terserap lebih baik.

Setiap orang memiliki waktu belajar masing-masing. Tapi ingat ya, sistem kebut semalam lebih baik tidak dipakai jika ingin mendapatkan hasil maksimal.

3.   Olahraga
Olahraga rutin untuk menjaga stamina tubuh dan kondisi tetap sehat menjelang ujian. Tidak perlu olahraga berat, menyisihkan waktu 30 menit setiap hari untuk sekadar jalan kaki dan menggerakkan anggota tubuh lainnya akan mengembalikan energi yang terkuras karena belajar.

4.   Buat Catatan Materi yang Sudah Dipelajari
Buat catatan atau ringkasan untuk membantu mengingat materi yang telah dipelajari. Gunakan tulisan, gambar, atau warna yang menarik. Teknik mindmap juga dapat digunakan selain untuk mencatat juga untuk untuk membantu dalam memahami materi.

5.   Kenali Kata-kata Kunci
Kenali kata kunci dalam memahami materi dan membantu mengingat. Misalnya dengan membuat singkatan “MEJIKUHIBINIU” untuk warna pelangi yaitu merah-jingga-kuning-hijau-biru-nila dan ungu. Mudah bukan?

6.   Latih Kemampuan Penyelesaian Soal
Belajar tidak melulu dilakukan dengan menghafal. Untuk mengukur kemampuan kita, salah satunya bisa dengan melatih kemampuan pemecahan masalah melalui soal-soal latihan. Gunakan soal-soal prediksi atau kisi-kisi ujian yang sudah disiapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

7.   Berdoa dan Minta Restu Orang Tua
Selain berusaha dengan belajar, jangan lupa untuk berdoa. Sebelum berangkat ke sekolah jangan lupa pamitan dan minta restu dari orang tua.

8.   Istirahat Yang Cukup
Ingat, otak dan tubuh perlu istirahat. Jangan karena terlalu semangat menghadapi ujian jadi lupa istirahat.

9.   Jaga Asupan Gizi
Selama belajar, tubuh mengeluarkan energi yang tidak sedikit. Oleh karena itu harus diimbangi dengan gizi yang cukup. Makanan bergizi tidak perlu mahal. Yang penting semua zat yang diperlukan tubuh terpenuhi seperti : tempe, tahu, ikan, ayam, sayur-sayuran, dan susu.

10.    Catat Jadwal UN dan Datang Lebih Awal
Catat jadwal UN dengan baik, jangan sampai lupa hari ujian ataupun salah materi yang diujikan. Datang lebih awal ke lokasi ujian, jangan sampai terlambat. Datang lebih awal akan memberikan waktu yang cukup untuk istirahat sebelum memulai ujian.
 
11.    Berpikiran Positif dan Percaya Diri
UN adalah pengukur sejauh mana kompetensimu di beberapa mata pelajaran. Belajar dengan baik dan berpikiran positif terhadap ujian. Percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki sehingga tidak perlu menyontek ataupun khawatir dengan ujian yang akan dilakukan.

"Hadapi Ujian Nasional dengan Persiapan yang Matang, dan Jangan Takut UN 
serta Jujurlah dalam mengerjakan UN"
(rfs)

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi kita semua, khususnya pembaca yang akan menghadapi Ujian Nasional.


diolah dari berbagai sumber


Post a Comment

أحدث أقدم