Seputar Tanya Jawab Aplikasi Pendidikan Dasar 2013

1.        Apa yang harus dilakukan jika ada pesan error“Sekolah tidak ditemukan, harap cek kembali kode registrasi Anda” pada saat registrasi aplikasi?
·      Cek kembali kode registrasi milik sekolah, lalu segera konfirmasi kepada CS Pusat melalui email atau via Pingbox dengan menyertakan kode registrasi yang dipakai. Hal ini biasa terjadi karena kesalahan penulisan kode registrasi atau kode registrasi tersebut sudah tidak aktif/ terkena cleansing.
2.        Mengapa status sekolah saya menjadi “Undefined” setelah login ke dalam aplikasi?
·      Segera hubungi CS Pusat dengan menyertakan kode registrasi sekolah. Hal ini terjadi karena kesalahan pada saat restore data yang belum selesai dengan sempurna, atau kode registrasi terkena cleansing.
3.        Kenapa pada saat saya cek di web infopendataan, pada saat memasukkan kode registrasi, yang muncul adalah data sekolah lain?
·      Segera hubungi CS Pusat via email ataupun chat Pingbox dengan menyertakan data simpan lokal sekolah beserta data lengkap sekolah. Hal ini terjadi karena kode registrasi sekolah dipakai oleh lebih dari satu sekolah yang berbeda.
·      Setelah mengirimkan data simpan lokal dan data lengkap sekolah via email, CS Pusat akan segera memberikan kode registrasi baru serta data simpan lokal yang sudah diperbaiki tanpa menghilangkan data yang sudah sekolah entri.
·      Setelah mendapatkan kode registrasi baru dan data simpan lokalnya, uninstall aplikasi yang sudah ada di komputer sekolah dan hapus folder "Aplikasi Pendataan" yang ada di C:/, kemudian register ulang secara online dengan kode registrasi baru, kemudian restore dengan data simpan lokal yang sudah diperbaiki oleh CS Pusat.
4.        Bagaimana solusi jika hasil eksport dari aplikasi tidak bisa dibuka (Problem during load)?
·      Hal ini terjadi karena terdapat Bad Value dalam excel yang menyebabkan file eksport tidak bisa dibuka.
·      Solusinya: Pertama, buka Explorer di komputer, lalu ketikkan alamat yang muncul pada saat membuka file excel hasil eksport di address bar, diikuti dengan nama filenya. Contoh: C:\Users\User\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.MSO\1A03319E.log
·      Setelah file .log ditemukan, silakan buka hingga muncul
XML ERROR in Table
REASON:      Bad Value
FILE: C:\Users\User\AppData\Local\Temp\ptk.xls
GROUP:        Cell
TAG: Data
VALUE:        1012-04-01  (Pengisian yang salah saat mengisikan di aplikasi)
·      Kemudian, Open with file eksport yang tidak bisa dibuka dengan Notepad. Lalu klik CTRL + H dan Find 1012-04-01, setelah ditemukan, silakan hapus, dan Simpan.
5.        Kenapa status file sekolah saya “Pending” di Aplikasi, dan sekolah saya hilang di web infopendataan?
·      Status file pending dikarenakan ada kesalahan _id pada ptk dan peserta didik karena hasil eksport import yang tidak sesuai dengan prosedur.
·      Penyelesaiannya, hubungi CS Pusat via email ataupun chat Pingbox dengan menyertakan data simpan lokal sekolah lalu oleh CS Pusat akan diberikan data simpan lokal baru yang telah diperbaiki dengan nama file yang berawalan _new.
·      Setelah mendapatkan file baru, silakan restore di aplikasi sekolah, lalu kirim kembali ke server.
6.        Saat mengunduh database di register pengiriman manajemen pendataan, mengapa hasil unduhan hanya berukuran 9 bytes dan file corrupted?
·       Hal ini terjadi karena perpindahan pengiriman data tahun 2012 ke server lain, jadi untuk mengunduhnya segera hubungi CS Pusat dengan menyertakan kode registrasi atau nama file yang akan diunduh.
7.        Kenapa data sekolah saya di web infopendataan pada kolom Siswa, PTK, dan Rombel muncul tanda **)?
·      Hal ini terjadi karena data yang dikirimkan oleh sekolah masih memakai aplikasi yang lama atau data yang dikirimkan oleh sekolah masih kosong.
·      Penyelesaiannya: Pastikan sudah memakai aplikasi terbaru, dan kirimkan kembali data sekolahnya, lalu konfirmasi kepada CS Pusat atau dinas kab/kota.
8.        Kenapa sekolah saya tidak tercantum/hilang pada web infopendataan, padahal sebelumnya masih ada?
·      Sekolah hilang di web infopendataan dikarenakan sekolahnya terkena cleansing, sekolah dengan status file pending, sekolah masuk ke kecamatan yang salah (Lainnya), sekolah salah kode registrasi, atau karena memang teridentifikasi sebagai sekolah ganda oleh tim Pusat.
·      Penyelesaiannya: Segera konfirmasikan kepada dinas kab/kota setempat atau kepada CS Pusat dengan mengirimkan kode registrasi dan data simpan lokal sekolah yang dipakai untuk kemudian di cek datanya.
9.        Kenapa aplikasi saya selalu offline walaupun sudah terkoneksi internet?
·      Hal ini terjadi karena komputer yang dipakai masih menggunakan proxy.Sehingga tidak terdeteksi oleh aplikasi.
·      Penyelesaiannya: Silakan buka Internet Explorer, kemudian klik Tools di menu bar bagian atas (Jika tidak ada, silakan tekan tombol ALT terlebih dahulu hingga muncul menu bar), kemudian pilih Internet Options, pilih tab Connections, tekan tombol LAN Settings, hapus semua ceklis ( √ ), kemudian tekan OK, dan restart aplikasi.
10.    Apa penyebab saya tidak bisa mengunduh profil sekolah di Aplikasi?
·      Hal ini terjadi karena belum mengisi prasarana, sarana, dan rombel.
·      Penyelesaiannya: Isi prasana, sarana dan rombel dengan lengkap.
11.    Maksud dan Arti dari setiap Status File Pengiriman :
·      Belum Terkirim
Sudah jelas.
·      Diterima via Web
Ini hanya bisa dilakukan oleh dinas kab/kota. Jadi file sekolah diunggahkan/diuploadkan oleh dinas kabkota melalui manajemen pendataan.
·      Diterima via Aplikasi
Tahapan pertama, yang mengirimkan langsung dari sekolah yang bersangkutan dan data yang di upload/unggah sudah berhasil di simpan di server. Namun data2nya belum dimasukan ke database oleh server. Jadi belum bisa melihat data yg bapak inputkan.
·      Cek Konversi
Tahapan kedua, data sudah di cek oleh server apakah data ini menggunakan database versi lama atau database versi baru. Nanti server yang akan memilah2nya.
·      Berhasil Diproses
Tahapan ketiga, data yang telah diinput SEMUANYA sudah berhasil diproses. (Dipastikan ini datanya sangat bagus).
·      Berhasil Diproses dgn Pengecualian
Data yang telah di input TIDAK SEMUANYA berhasil di proses oleh server. Ini kemungkinan akibat : masih menggunakan aplikasi lama, terkena validasi dari segi server, dll. Namun jika jumlah peserta didik, ptk, rombel, sarpras, dll sudah sama TIDAK masalah.
·      Sekolah Terkena Cleansing
Data sekolah yang telah dikirim masuk ke dalam data sekolah yang terkena cleansing. Mohon langsung menghubungi tim teknis atau CS kami. Jika dibiarkan kemungkinan data tidak diterima karena akan dihapus oleh server.
·      Sqlite Error
Ini biasanya saat upload, data tidak terkirim dengan sempurna. Atau biasanya disebut data corrupted.. Jadi langsung saja kirim ulang data lagi.
·      Pending
Status file pending dikarenakan ada kesalahan _id pada ptk dan peserta didik karena hasil eksport import yang tidak sesuai dengan prosedur. Hubungi dinas kab/kota atau CS Pusat untuk meminta data simpan lokal terbaru yang sudah diperbaiki, untuk kemudian dikirim ulang ke server.
·      Sekolah belum mendownload data dengan GUID Baru
Status ini masih terkait dengan status file Pending. Ini artinya, sekolah belum memakai data hasil perbaikan dari pusat tetapi telah mengirim kembali dengan menggunakan file yang masih salah/pending.
·      Data yg sdh dibenarkan, sekolah wajib mendownload
Status masih terkait dengan status file Pending. Ini artinya, data sekolah sudah diperbaiki oleh tim Pusat, segera unduh dengan menghubungi dinas kab/kota atau tim CS Pusat lalu segera restore ke dalam aplikasi dan segera kirim kembali ke server.

12.    Dalam aplikasi tersedia fasilitas export import excell, bagaimana cara menggunakannya?
·         TUJUAN
o   Untuk memfasilitasi data yang biasanya sudah tersedia di dalam masing-masing sekolah sehingga tidak perlu menuliskan ulang satu persatu data yang sudah dimiliki oleh sekolah seperti nama siswa, NISN, tempat lahir, tanggal lahir, dll sesuai data yang dimiliki sekolah sehingga sekolah cukup copy-paste saja dari data yang sudahdimiliki sekolah sebelumnya.
o   Memudahkan untuk mengentry data kedalam format excel (bagi yang familiar).
·         KETENTUAN
o   Setting terlebih dahulu regional komputer anda ke dalam settingan waktu indonesia, dengan cara: Klik Start- Control Panel- Clock, Language and Region – Region and Language – Pilih tab Formats – Lalu pilihINDONESIA.
o   Excel (.xls dan .csv) hasil export dan import hanya dapat digunakan SATU KALI PAKAI. Hapus 2 file tersebut setelah digunakan, untuk mengentri kembali data kedalam excel, harus dimulai dari export dari aplikasi.
o   Data yang masuk hasil import ke dalam aplikasi akan menimpa seluruh nya data yang ada di panel siswa jika mengimport ke dalam panel siswa, atau PTK jika mengimport ke dalam panel PTK.
o   ENTRY data ke dalam bentuk excel hanya sesuai dengan format hasil export dari aplikasi, yang berisi angka-angka atau kode.
o   Hanya untuk keperluan entry data primer Siswa dan PTK saja, sedangkan untuk entry data rinciannya masing-masing PTK tetap didalam aplikasi.
o   Ikuti cara input sesuai dengan contoh record / isian data pertama
·         CARA
o   Isiterlebih dahulu satu record isian secara lengkap siswa.
o   Pilih tab export excel, simpan dalam direktori dalam bentuk excel (.xls atau .xlsx).
o   Buka file tersebut dan entry data ke dalam file tersebut dengan format isian seperti contoh isian paling atas hasil entryan dari aplikasi.
o   Dapat dilakukan copy paste dari data yang dimiliki sekolah, ke dalam excel tersebut sehingga mengurangi beban entrian sesuai dengan kolom yang ada (misal sekolah sudah memiliki file excell nama-nama siswa, NISN, nama PTK, dll).
o   Setelah selesai entry data simpan file tsb dalam format .csv (Save as - pilih format: csv Comma Delimited).
o   Import ke dalam aplikasi file .csv tersebut, maka data yang anda entry dalam file excell akan masuk ke dalam aplikasi dan menimpa data sebelumnya.
o   Hapus file excel baik .xls maupun .csv nya, jika anda ingin menambahkan data lagi, export lagi melalui aplikasi dan lakukan langkah-langkah seprti diatas, atau anda dapat melanjutkan entry data didalam aplikasi nya.
o   INGAT file .xls dan .csv hanya di gunakan SATU KALI PAKAI, setelah selesai export – import,segera HAPUS file tsb.
o   Fasilitas ini digunakan jika anda ingin mengentri data dalam bentuk excel dengan tujuan dapat mencopy-pastekan data yang sudah tersedia di sekolah sebelumnya.
13.    Siapa dan bagaimana cara untuk menghubungi atau meminta bantuan CS Pusat?
·         CS Pusat dapat dihubungi via email, telepon, sms, dan chat.
o   Via Email
ü infopendataan.dikdas@gmail.com(Troubleshooting Aplikasi)
ü sekretariat.dikdas@gmail.com(Troubleshooting Aplikasi dan Kesekretariatan)
ü pendataan.dikdas@gmail.com(Validasi dan Cleansing Data)
ü koderegistrasi@gmail.com(Pengajuan Kode Registrasi Baru serta permasalahan mengenai Kode Registrasi)
o   Via Telepon
ü Yusuf R.          (081288040000)
ü Shandy                        (085860092216)
ü Doni                 (085771070118)
ü Farhan              (087815267884)
ü Aris                  (08989451887)
ü Otto                 (087885674469)
ü Wahyu             (085327059841)
ü Adam               (081395454000)
ü Septiyadi         (085320095000)
ü Anas                (081385158698)

o    Via Chat
ü  Client Services 1                      (YM: infopendataan_cs1@yahoo.co.id)
ü  Client Services 2                      (YM: infopendataan_cs2@yahoo.co.id)
ü  Client Services 3                      (YM: infopendataan_cs3@yahoo.co.id)
ü  Client Services 4                      (YM: infopendataan_cs4@yahoo.co.id)
ü  Client Services 5                      (YM: infopendataan_cs5@yahoo.co.id)
ü  Client Services 7                      (YM: infopendataan_cs7@yahoo.co.id)
ü  Client Services 8                      (YM: infopendataan_cs8@yahoo.co.id)
ü  http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/new/index.php/c/pg/support-online/
o    Via Grup Facebook
14.  Berdasarkan kebutuhan DAPODIK terkait sertifikasi, khususnya pendidikan luar biasa untuk jenjang TKLB dan SMALB yang SATAP/Satu Sekolah/Satuan Pendidikan (SLB) silakan dimasukkan ke dalam DAPODIK jenjang SLB. Tetapi jika berdiri sendiri di jenjang tersebut tidak masuk kedalam Aplikasi Pendataan Dikdas tetapi masuk kedalam masing – masing Direktorat yang menangani jenjang tersebut dengan ketentuan sebagai berikut:
o    Untuk sekolah satu atap (lintas jenjang) dan memiliki 1 kepala sekolah cukup menggunakan 1 kode registrasi di DAPODIK. Jika sudah terlanjur dipisah, mohon digabungkan dalam satu aplikasi dan kode registrasi yang tidak terpakai diinformasikan ke CS Pusat.
o    Untuk TKLB, jika sekolah tsb satu atap dengan jenjang atasnya, namanya dijadikan satu menjadi SLB.  Masukkan datanya baik peserta didik maupun PTK ke aplikasi tsb. Buatkan rombel dengan nama kelas TKLB (disesuaikan dengan ketunaannya. Misal: TKLB tunanetra didalam rombel tertulis TKLB A) dengan tingkat 1 untuk kelas kecil (nol kecil) atau tingkat 2 untuk kelas besar (nol besar) dan  Begitu juga dengan guru. Masukkan (mapping) kedalam PTK Mengajar.
Di TKLB tunanetra ada 5 rombel (2 rombel tingkat kecil, 3 rombel tingkat besar)
Penulisannya:
Di dalam nama rombel menjadi
TKLBA-1.a-à tingkat 1
TKLBC-1.b-à tingkat 1
TKLBB-2.a- à tingkat 2
TKLBB-2.b- à tingkat 2
TKLBB-2.c- à tingkat 2
o     Untuk SMALB , jika sekolah tsb satu atap dengan jenjang di bawahnya (SMPLB, SDLB, TKLB), namanya dijadikan satu dengan SLB. .  Masukkan datanya baik peserta didik maupun PTK ke aplikasi tsb. Buatkan rombel dengan nama kelas SMALB dengan tingkat  7, 8 atau 9. Begitu juga dengan guru. Masukkan (mapping) kedalam PTK Mengajar.
o    Untuk TKLB dan SMALB jika tidak satu atap dengan jenjang dikdas (berdiri sendiri), buat kode registrasi baru (usulkan ke koderegistrasi@gmail.com) Nama sekolah sesuai dengan nomenklatur resminya dan pilih jenis sekolah SLB.


·         Restore fasiltas atau pindah komputer (Back up lokal)
·         Ptk tidak memiliki Record(export - import)
·         Bagaimana cara Update versi aplikasi (back up lokal)
·         Daftar Sekolah hilang dari web Infopendataan.
·         Tanda **) pada infopendataan (sekolah belum memasukan datanya tetapi jika ada perbedaan data tsb dengan yang di sekolah tidak live update silahkan periksa di web manajemen pendataan)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama